Minggu, 06 Januari 2019

Teks Observasi Tentang Kadal


Kadal adalah salah satu hewan Vertebrata yang di golongkan dalam reptil. Kadal merupakan hewan yang biasa hidup di tempat lembab. Kadal mempunyai kebiasaan tinggal di daerah persawahan dan dekat dengan perairan. Kadal adalah hewan yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau dan hidup di atas tanah. Kadal tergolong hewan melata yang hidup didarat.
            Binatang ini biasanya menggunakan lidahnya untuk memangsa mangsanya seperti jangkrik. Dalam mencari mangsanya, cicak juga dibantu dengan kelebihan tubuhnya terutama keempat kakinya yang bisa merayap dengan lincah. Kadal mempunyai ekor tunggal dan mudah putus sebagai alat perlindungan diri dari predator atau biasa dikenal autotomi. Kadal mempunyai tanduk pada sisik yang berguna untuk mencegah hilangnya kelembaban dari tubuh juga untuk memudahkan bergerak. Kadal memiliki lidah yang bercabang yang mempunyai fungsi untuk mendeteksi adanya mangsa di sekitar lingkungannya
Kadal juga mencakup jenis-jenis yang berukuran besar seperti biawak atau komodo yang bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter. Kadal pada umumnya memiliki empat kaki, lubang telinga luar, dan kelopak mata yang dapat dibuka-ditutup.  kadal memiliki keanekaragaman jenis yang sangat beragam. Terdiri lebih dari 40 suku (tidak termasuk anak suku). Pola warna, bentuk dan ukuran tubuh kadal juga sangat beragam. Sebagian jenis mempunyai sisik-sisik yang halus berkilau, terkesan licin atau seperti berminyak, walaupun sebenarnya sisik-sisik itu kering karena kadal tidak memiliki pori di kulitnya untuk mengeluarkan keringat atau minyak.
Kadal terdapat beberapa jenis yang dapat dipelihara antara lain Leopard Gecko. jenis kadal ini sangat direkomendasikan untuk pemula itu karena mudahnya dalam perawatan. Selain itu ukuranya yang kecil, jinak dan banyak motif warna yang bisa dipilih. Kadal ini juga tidak memerlukan wadah yang besar dalam merawatnya. Bahkan untuk makanan kadal ini juga terbilang mudah, yaitu jangkrik.
Kadal merupakan hewan reptil yang hidup di tempat lembab di daratan. Kadal biasanya memangsa sejenis serangga atau jangkrik. Meskipun kadal terlihat hewan yang menyeramkan, namun banyak jenis kadal yang dapat dipelihara. Contohnya adalah jenis Leopard Gecko. Kadal merupakan hewan yang cukup unik dan mudah untuk dipelihara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar