Menurut
wikipedia, Interaksi manusia dan
komputer (human–computer interaction, HCI) adalah disiplin
ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi
antarmuka pengguna komputer agar mudah
digunakan oleh manusia. dari pengertian tersebut dapat saya tangkap bahwa
menurut saya, Interaksi manusia dan komputer adalah bidang ilmu yang
mempelajari tentang suatu proses atau hubungan yang dilakukan antara manusia
dengan komputer yang akan menghasilkan suatu tujuan untuk memudahkan tugas atau
aktifitas manusia.
Aktivitas ini sangat penting bagi kebutuhan teknologi
manusia pada era ini yang berkaitan dengan desain implementasi dan
evaluasi dari sistem komputasi interaktif, serta studi tentang ruang lingkupnya,
ada interaksi antara satu atau lebih manusia dengan satu atau lebih komputasi
mesin. Saat ini, komputer yang digunakan tidak hanya berupa PC dan laptop saja,
tetapi smartphone, tablet, kamera digital, dan perangkat-perangkat Internet of
Things (IoT) juga dipakai sebagai interaksi manusia.
Sejatinya,
interaksi manusia dan computer ini mulai dikenal sebagai antarmuka pengguna
(user interface) pada tahun 1970 yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine
Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi para peneliti dan
perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari user
interface sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Pada
pertengahan 1980-an, istilah Human-Computer Interaction (HCI) mulai diperkenalkan
sebagai ilmu studi yang baru. Istilah ini menandakan bahwa ilmu baru ini tidak
hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik saja, tetapi harus mempunyai
fokus yang lebih luas dan mendalam.
Sudut-sudut pandang yang digunakan user sistem, antara lain seperti
berikut.
- Useful: dapat mengerjakan sesuatu secara fungsional.
- Usable: dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah dan benar (does the rights things).
- Used: dapat telihat baik, juga tersedia dan digunakan oleh organisasi atau perusahaan.
Selain itu, ada beberapa tujuan utama dari interaksi manusia dan computer,
antara lain:
- Membuat sistem yang lebih berguna (usable), aman (safe), produktif, efektif, efisien, dan fungsional.
- Meningkatkan interaksi antara manusia dan
sistem komputer. Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe) yang berarti sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (effectiveness) dan efisiensinya (efficiency). Sistem yang dimaksud tidak hanya pada hardware dan software, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja maupun lingkungan keluarga. Sedangkan, Ketergunaan (usability) yang dimaksud bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem. Sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
Ada 3 ruang lingkup interaksi manusia dan komputer, antara lain:
- Interaksi, merupakan hubungan yang terjadi atau terbentuk antara user dan komputer (dalam bidang teknologi) melalui unit input dan output interface Sistem ini dapat menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).
- Manusia, merupakan pengguna yang memakai komputer (user), dimana setiap user memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam menggunakan komputer. Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu pandangan dan alat fisik yang digunakan untuk hal tersebut adalah mata.
- Komputer, yaitu perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.
Agar komputer dapat
diterima atau digunakan secara luas dan efektif, maka perlu dirancang
sebaik-baiknya. Hal ini bukan berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar
dapat mengakomodasi semua orang, tetapi komputer juga harus dirancang agar
memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan yang spesifik. Dengan
bantuan interface (antarmuka) oleh komputer, maka manusia (user) dapat memberi
masukan kepada komputer, dan komputer akan memperoleh hasil reaksi yang diminta
oleh user tersendiri.
Dalam membuat antarmuka yang user friendly dibutuhkan pemahaman dari
beberapa ilmu seperti berikut.
- Teknik elektronika dan ilmu computer
Ilmu yang memberikan kerangka kerja yang memungkinkan untuk merancang suatu sistem interaksi manusia dan komputer, baik dari sisi software maupun hardware. -
Psikologi
Ilmu yang memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna sehingga dapat bekerjasama. -
Perancangan grafis dan tipografi
Ilmu yang merancang gambar atau model yang digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia dan computer. -
Ergonomik
Ilmu yang berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya seperti bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu. -
Antropologi
Ilmu pandangan mendalam tentang manusia, yang memberi suatu pandangan tentang bagaimana cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya dapat memberikan konstribusi yang sesuai dengan bidangnya. -
Linguistik
Ilmu yang mempelajari tentang bahasa yang diperlukan sebagai sarana komunikasi untuk melakukan dialog khusus, contohnya bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah dan lain-lain. -
Sosiologi
Ilmu yang mempelajari tentang pengaruh sistem manusia dengan komputer dalam struktur sosial, contohnya seperti dampak komputerisasi terhadap keberadaan seorang user di sebuah perusahaan.
Contoh dari interaksi manusia
dengan komputer dalam bidang akademik yaitu diantaranya:
- Mahasiswa yang melakukan interaksi input KRS (Kartu Rencana Studi) melalui Sistem Informasi Manajemen akademik.
- Mahasiswa dan dosen yang melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan laptop dan infocus sebagai media komunikasi.
- Orang yang mengakes Sistem Pembelajaran E-learning yang merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
Dampak
positif dan Negatif Interaksi Manusia Komputer
a. Dampak Positif
- Menghemat waktu untuk mengerjakan pekerjaan perhitungan yang rumit seperti membuat laporan keuangan.
- Menghemat tenaga, karena manusia mengendalikan komputer untuk meakukan tugas yang berulang seperti menginput transaksi pembelian, penjualan dan lain-lain. Tanpa menulis hal yang selalu berulang dari setiap transaksi.
- Membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari hari, seperti peralatan rumah tangga yang semakin mudah dan cepat.
- Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga update berita lebih cepat.
- Sarana pendidikan, komersial atapun hiburan
b.
Dampak Negatif
- Berkurangnya komunikasi antar manusia sehinga menimbulkan sifat yang yang individualisme. Hal ini akan menyebabkan konflik sosial akibat tidak adanya kepedulian terhadap sesama atau lingkungan sekitar, bahkan akan berpengaruh pada masalah budaya.
- Intensitas dan lamanya mansusia berada di depan komputer. Kajian utama dalam faktor ini adalah proses interaksi manusia dan masyarakat yang kurang akibat terlalu lamanya seorang individu berada di depan komputer. Seseorang akan menunda waktunya untuk melakukan aktifitas lainnya jika sudah merasa asyik dengan aktifitasnya dengan komputer. Contoh : bermain game, internet dengan kecepatan yang tinggi.
- Berkurangnya etika dan kesopanan akibat pemanfaatan komputer yang salah.
- Manusia menjadi malas untuk bekerja secara manual karena ada teknologi canggih.
- Banyaknya Pengangguran
- Ketergantungan manusia dan komputer.
- Kegagalan mental si pengguna komputer. Kurangnya bergaul dengan orang lain dan lingkungan merupakan keluhan para orang tua kepada mental anaknya. Mereka kebanyakan apatis kepada lingkungan dan cendrung bersifat pemalas.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar