Selasa, 29 Maret 2016

Berkunjung ke Tempat Wisata

Saat itu bertepatan dengan libur tahun baru saya dan keluarga pergi ke salah satu tempat wisata di daerah Jakarta Timur yaitu Taman Mini Indonesia Indah. Tempatnya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 30 menit dari rumah saya. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, untuk perorangan (3 tahun keatas) dikenakan biaya Rp 10.000,-. Untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp 6.000,- sedangkan untuk mobil dikenakan biaya Rp 10.000,-. Karena saya mengendarai motor bersama adik saya, maka dikenakan biaya Rp 26.000,-.  

Banyak area wisata yang dapat dikunjungi di TMII, seperti anjungan, museum, kolam renang, danau, taman, sarana rekreasi, dan masih banyak lagi. Saat itu, saya dan keluarga mengunjungi anjungan Jawa Timur, karena memang keluarga saya asli Jawa Timur. Disana ada berbagai macam pertunjukkan khas Jawa Timur.



Menurut Pak Sibin, salah satu pengunjung TMII mengatakan TMII merupakan tempat wisata yang bagus untuk liburan. Karena selain harganya yang terjangkau, TMII juga memiliki banyak area wisata yang bisa dikunjungi. Selain itu, TMII juga bagus untuk mengasah edukasi anak tentang kebudayaan di Indonesia. Untuk memberi pengetahuan lebih, di TMII juga banyak terdapat museum-museum serta area wisata yang bagus untuk belajar sekalian liburan.

Setelah dari anjungan, karena bertepatan dengan hari Jum’at, saya, adik dan ayah saya pergi ke masjid Diponegoro yang ada di TMII untuk melaksanakan shalat Jum’at. Masjidnya cukup luas dan besar, namun karena bertepatan dengan hari libur dan pengunjung TMII yang ramai, masjidnya pun penuh dan saya tidak dapat tempat shalat di dalam masjid sehingga harus shalat Jum’at dengan menggelar koran di halaman masjid Diponegoro.



Setelah shalat Jum’at, saya dan keluarga mengantarkan adik saya pergi ke Istana Anak-Anak Indonesia. Untuk tiket masuk dikenakan biaya Rp 10.000,- per orang. Di dalam Istana Anak-anak Indonesia masih banyak lagi sarana rekreasi untuk anak-anak, seperti Kereta Kelinci, Monorail, Bumper Car, dan masih banyak lagi. Saat didalam Istana Anak-anak Indonesia, kami sekeluarga menyantap bekal makan siang yang telah dibawa dari rumah dibawah pohon rindang. Rasanya sungguh tenang dan tenteram menikmati suasana bersama keluarga diluar rumah. Setelah makan siang, adik saya mencoba sarana rekreasi yang ada di Istana Anak-anak Indonesia.

Setelah puas menikmati sarana rekreasi di Istana Anak-Anak, kami mampir di tempat seperti pasar di TMII untuk membeli cenderamata yang khas dari TMII. Banyak sekali baju, topi, patung, miniatur yang ditawarkan ditempat tersebut. Adik saya membeli baju bergambar Keong Mas dan saya membeli sebuah miniatur vespa yang terbuat dari kayu.

Sebenarnya masih banyak sarana rekreasi yang terdapat di TMII seperti Kereta Gantung. Harga tiket kereta gantung adalah Rp 40.000,- per orang. Dengan menggunakan sarana kereta gantung, kita dapat menikmati indahnya TMII dari udara bagaikan kita berkeliling Indonesia, karena banyak anjungan seperti rumah adat di Indonesia.

Selain itu, terdapat pula Museum yang dapat pula kita kunjungi untuk berkeliling menambah ilmu dan wawasan kita. Setiap ingi masuk museum kita diharuskan membayar sekitar Rp 2.000,- hingga Rp 20.000,- per orang. Ada banyak pilihan museum yang dapat dikunjungi, seperti Museum Transportasi, museum Komodo, museum Keprajuritan, dan masih banyak lagi.

Jika lelah berkeliling, kita dapat beristirahat di pinggir danau TMII. Di danau tersebut terdapat pulau-pulau yang berbentuk pulau yang ada di Indonesia. Di tempat tersebut, suasananya sejuk karena masih banyak pepohonan yang terdapat di pinggir danau tersebut. Untuk beristirahat di tempat ini, gratis, jika mau kita hanya dapat menyewa tikar untuk beristirahat.

Lanjut ke cerita saya, Setelah membeli cenderamata, berhubung waktu sudah semakin sore, kami sekeluarga memutuskan untuk pulang. Di pintu keluar TMII, dilakukan kembali pengecekan tiket masuk. Setelah itu, kami pulang dan beristirahat dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar