Selasa, 15 Maret 2016

Masalah Banjir di Jakarta


Sebagai kota yang berada di dataran rendah, Jakarta tidak terlepas dari ancaman banjir yang sewaktu-waktu dapat menyerang. Hingga kini, banjir pun belum berhenti menyerang Jakarta.

Penyebab dari banjir yang terjadi di Jakarta adalah curah hujan yang tinggi dalam waktu yang panjang, saluran-saluran air yang tersumbat sampah, kurangnya daerah resapan air di Jakarta, dan masih banyak lagi. Dampak yang terjadi akibat banjir adalah dapat mengganggu aktifitas warga, karena genangan air yang berada dijalan dapat menyebabkan macet. Banjir juga dapat menyebabkan warga terkena berbagai macam penyakit seperti diare dan muntaber.

Berbagai cara telah digalakkan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta, seperti projek pendalaman sungai, pembuatan Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat, dan yang baru-baru ini adalah relokasi warga kampung pulo untuk program pelebaran sungai. Selain itu, kita juga dapat membantu upaya pemerintah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan cara itu, kita bisa mengurangi sampah di Jakarta dan saluran-saluran air di Jakarta tidak tersumbat oleh sampah yang kita buang. Jadi, mulai saat ini, marilah kita bantu membangun kota Jakarta bebas banjir dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar