Selasa, 15 Maret 2016

Jaringan Komputer

           Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras. Tujuan dibuatnya suatu jaringan komputer adalah unuk berbagi peralatan dan sumber daya, sebagai integrasi data, media komunikasi, dan berbagi keamanan.

Jaringan terbagi atas dua tipe, yaitu Jaringan Peer to Peer dan Jaringan Client Server. Jaringan peer to peer adalah jaringan yang memungkinkan setiap komputer untuk dapat menjadi Client atau Server. Dalam jaringan ini, tidak ada satu komputer yang mutlak menjadi server. Jaringan Client Server adalah jaringan yang memiliki satu komputer yang mutlak menjadi server sebagai pengelola jaringan tersebut dan komputer lain tidak dapat menjadi server melainkan menjadi client.

Jaringan menurut rentang geografis terdiri dari LAN, MAN, dan WAN. LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang jangkauannya kecil, hanya sebatas satu gedung, perusahaan, atau universitas. MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang jangkauannya sedang, sebatas dua gedung sampai satu kota. WAN (Wide Area Netwok) adalah jaringan yang jangkauannya luas, bisa satu negara, benua atau seluruh dunia.

Intinya jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berbagi, baik data, software, maupun hardware. Tipe jaringan terdiri atas jaringan peer to peer dan jaringan client server. Jaringan menurut rentang geografis terdiri dari LAN, MAN, dan WAN. Sebenarnya masih banyak tentang jaringan yang belum dibahas. Semoga dapat dibahas pada penulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar