Sabtu, 25 Juni 2016

Cara Cek Power Supply PC

Power Supply

       Sebuah power supply unit (PSU) mengkonversi listrik AC ke tegangan rendah diatur listrik DC untuk komponen internal komputer. Komputer pribadi modern yang universal menggunakan power supply switched-mode . Beberapa pasokan listrik memiliki pemilih manual untuk tegangan input, sementara yang lain secara otomatis beradaptasi dengan tegangan suplai.  Kebanyakan desktop modern pasokan listrik komputer pribadi sesuai dengan spesifikasi ATX , yang meliputi faktor bentuk dan toleransi tegangan. Sementara power supply ATX terhubung ke pasokan listrik, selalu menyediakan 5 V siaga (5VSB) tegangan sehingga fungsi siaga pada komputer dan peripheral tertentu yang didukung. ATX pasokan listrik yang dihidupkan dan dimatikan oleh sinyal dari motherboard. Mereka juga memberikan sinyal ke motherboard untuk menunjukkan bila tegangan DC berada di spec, sehingga komputer mampu aman daya dan boot. ATX terbaru PSU standar versi 2.31 pertengahan-2008.

Fungsi

       Komputer desktop perubahan catu daya arus bolak-balik dari soket dinding untuk tegangan rendah arus searah untuk mengoperasikan prosesor dan perangkat periferal. Beberapa arus searah tegangan yang diperlukan, dan mereka harus diatur dengan beberapa akurasi untuk memberikan operasi yang stabil komputer. Sebuah catu daya rel kereta api atau tegangan mengacu pada tegangan tunggal yang disediakan oleh unit power supply (PSU). Meskipun istilah ini umumnya digunakan dalam rekayasa elektronik, banyak orang, khususnya penggemar komputer, menemukan dalam konteks pasokan listrik komputer pribadi.
        Pertama-generasi mikro dan komputer rumah unit power supply yang digunakan langkah-down berat transformator dan power supply linier. Komputer modern menggunakan power supply switched-mode (SMP) dengan trafo. Pasokan switched-mode jauh lebih ringan dan lebih murah, dan lebih efisien, daripada power supply setara linier.
         Komputer pasokan listrik mungkin memiliki perlindungan sirkuit pendek, mengalahkan (overload) perlindungan, proteksi tegangan lebih, perlindungan undervoltage, proteksi arus, dan lebih dari perlindungan suhu.
         Pasokan listrik baru-baru ini memiliki tegangan siaga yang tersedia, untuk memungkinkan sebagian besar sistem komputer yang akan dimatikan. Ketika komputer dimatikan tetapi power supply masih menyala, dapat dimulai dari jarak jauh melalui Wake-on-LAN dan Wake-on-Ring atau lokal melalui Keyboard Daya ON (KBPO) jika motherboard mendukung itu. Pasokan daya mungkin pasif atau aktif koreksi faktor daya (PFC). Pasif PFC adalah cara sederhana untuk meningkatkan faktor daya dengan menempatkan sebuah kumparan secara seri dengan primer filter kapasitor . Aktif PFC lebih kompleks dan dapat mencapai PF lebih tinggi, hingga 99%.

Alat dan Bahan:

1.      Power Supply
2.      Multimeter
3.      Kabel
4.      Kabel Power
5.      Tespen
6.      Aliran Listrik

Berikut Cara untuk mengecek power supply :

1.    Siapkan power supply yang akan dicek


2.    Siapkan kabel yang telah dikupas ujungnya



3.    Cari kabel yang berwarna hijau dan hitam, kemudian hubungkan dengan menggunakan kabel tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan bisa lihat gambar dibawah:



4.   Colokkan kabel powernya ke listrik.

5.   Tes casing power supply dengan tespen, bila tespen menyala berarti induksi dan
solusinya kabel yang dihubungkan ke listrik harus dibalik.

Coba juga tes kabel kuning dan hitam dengan multimeter harus 12 volt dan kabel merah dan hitam harus 5,5 volt.
  
    Perhatikan kipas Power Supply, kalau berputar berarti Power Supply hidup.

    Akan tetapi Kipas Power Supply berputar belum tentu menandakan bahwa power supply itu bagus, karena ada banyak kasus power supply ATX itu mengalami arus/daya drop sehingga ketika disambungkan ke mainboard dan di bebani dengan harddisk, Komputer tetap tidak nyala / mati tapi kondisi fan masih berputar. Kondisi inilah yang dinamakan Power Supply Ngedrop.

Berikut tanda power supply yang drop :

1. Komputer sering Hang sendiri.
2. USB port menjadi tidak berfungsi.
3. Kadang-kadang komputer restart sendiri.
4. Komputer nyala tampil di monitor tapi harddisk tidak terdeteksi di BIOS.

Kesimpulan

       Power Supply bekerja bila saat kabel hijau dan kabel hitam dihubungkan, maka kipas pada power supply akan berputar. Kabel kuning dan hitam bila dites dengan multimeter harus 12 volt dan kabel merah dan hitam harus 5,5 volt.


SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar: