Selasa, 07 Juni 2016

RESENSI FILM KUNGFU PANDA 3


 

Identitas Film Kungfu Panda 3

Judul Film : Kungfu Panda 3

Sutradara : Jennifer Yuh, Alessandro Carloni

Produser : Melissa Cobb

Penulis : Jonathan Aibel, Glenn Berger

Pengisi Suara :
Jack Black sebagai Po (Panda)
Angelina Jolie sebagai Tigress
Dustin Hoffman sebagai Shifu
Jackie Chan sebagai Monkey
Seth Rogen sebagai Mantis
Lucy Lui sebagai Viper
David Cross sebagai Crane
James Hong sebagai Mr. Ping
Bryan Cranston sebagai Li Shan
Rebel Wilson sebagai Mei Mei
J.K. Simmons sebagai Kai
Randall Duk Kim sebagai Master Oogway
Steele Gagnon sebagai Bao

Genre : Animation, Adventure, Comedy

Tanggal Rilis : 29 Januari 2016

Produksi : DreamWorks Animation

MPAA : BO (Bimbingan Orang Tua)

Durasi : 95 Menit

Negara : Amerika Serikat

Sinopsis Film Kungfu Panda 3 :

            Saingan Master Oogway yang telah dikirim ke dunia 500 tahun yang lalu yaitu Kai berhasil keluar dari dunia arwah karena dapat mengalahkan dan mendapatkan Chi Master Oogway. Kai kembali ke dunia nyata untuk mengalahkan dan mendapatkan Chi pendekar-pendekar kungfu di China dan menguasai China. Target utama Kai tentu saja Chi yang ada pada diri pendekar naga (Po).  Chi adalah roh, kesaktian, dan kekuatan yang terdapat di dalam diri pendekar-pendekar kungfu.

Sementara itu, di dunia nyata, Po di beri amanah oleh Shifu untuk menjadi seorang guru kungfu terutama bagi kelima temannya. Namun, hari pertama Po mengajar, Po gagal mengajar kelima temannya. Sesampainya di dunia nyata, Kai mengutus roh pendekar yang telah dimilikinya untuk mencari pendekar naga.

Po bertemu dengan ayah kandungnya yang sekian lama menghilang yang beernama Li Shan. Saat sedang bersenang-senang dengan ayahnya, Po di kejutkan oleh serangan roh yang telah diutus oleh Kai. Lalu Po dan teman-temannya pergi untuk melawan roh jahat yang dipengaruhi oleh Kai tersebut. Setelah bertarung, roh yang diutus oleh Kai tersebut kalah, kemudian ditarik kembali oleh Kai. Sebelum ditarik, Kai bicara melalui roh tersebut bahwa ia ingin mengambil Chi milik Po.

Setelah itu, Shifu, Po dan kelima pendekar mencari tahu tentang Kai di Kuil. Setelah diselidiki, tenyata saat Kai kembali ke dunia nyata, Kai hanya dapat dikalahkan oleh Master Chi Sejati. Karena harus belajar Chi, akhirnya Li Shan (Ayah Po) mengajak Po pergi ke Kampung Rahasia. Pada awalnya, Mr. Ping (Ayah angkat Po) tidak setuju dengan hal tersebut. Namun pada akhirnya ia setuju.

Kemudian Po dan Li Shan pun pergi ke kampung panda. Sementara itu, Shifu memerintahkan Crane dan Mantis untuk mencari dimana Kai berada. Di tengah perjalanan, Po dan Li Shan bermaksud untuk beristirahat dan makan. Tidak disangka ternyata Mr. Ping ikut masuk kedalam tas yang dibawa Po. Awalnya Li Shan tidak mengizinkan Mr. Ping untuk ikut ke Kampung Rahasia, namun karena Mr. Ping tetap besikeras untuk ikut, akhirnya Li Shan pu mengizinkannya.

Sesampainya di kampung rahasia, Po pun mulai belajar untuk hidup sebagai seorang panda. Sementara itu, Crane, Mantis, dan pendekar kungfu China yang lain dapat dikalahkan dan diambil Chi-nya oleh Kai. Beberapa hari kemudian, Kai menyerang Kuil Jade. Kai pun berhasil menghancurkan Kuil Jade dan mengalahkan Shifu dan teman Po yang lain. Pada pertarungan tersebut, yang berhasil selamat hanyalah Tigres yang sebelumnya telah diutus oleh Shifu untuk memperingatkan Po.

Kemudian Tigres pun pergi ke Kampung Rahasia untuk memperingatkan Po. Sesampainya di kampung rahasia ternyata Po belum menguasai Chi-nya. Kemudian Po pun mendesak ayahnya untuk mengajarkan ilmu Chi. Namun ayahnya tidak mau karena memang ayahnya tidak menguasai ilmu Chi. Kemudian Po berlatih dan berfikir untuk mengalahkan Kai.

Akhirnya Po melatih semua panda untuk mengalahkan Kai. Setelah beberapa hari berlatih, akhirnya Kai pun datang. Semua rencana yang telah direncanakan sudah 90% berhasil, namun pada saat Po melawan Kai, Po gagal mengembalikan Kai ke dunia arwah karena Kai pendekar dunia arwah. Po pun panik dengan keadaan ini, hingga akhirnya Po menemukan cara lain mengembalikan Kali ke dunia arwah. Caranya adalah dengan mengorbankan dirinya untuk membawa Kai ke dunia arwah.

Mereka berdua pun bertarung di dunia arwah, sampai akhirnya Po pun kalah. Namun ketika Kai ingin mengambil Chi Po, Po dibantu oleh Chi ayahnya dan teman-temannya didunia nyata. Po pun mendapatkan kekuatan Chi yang sebenarnya. Dengan kekuatan Chi tersebut Po dapat mengalahkan Kai dan mengembalikan semua Chi ke pendekar pemiliknya. Sebelum ke dunia nyata, Po bertemu dengan Master Oogway. Po pun dapat kembali ke dunia nyata dan berhasil mengembalikan keamanan China.

Kelebihan Film Kungfu Panda 3 :

  1. Memiliki efek visual yang lebih bagus dari film sebelumnya.
  2. Terdapat banyak adegan komedi yang dapat menghibur penonton.
  3. Komposisi musik latar yang sangat menarik.
  4. Dapat memberikan arti dari kekeluargaan.
  5. Memberi contoh untuk saling menghargai dan menghormati.
Kekurangan Film Kungfu Panda 3 : 

  1. Alur cerita yang terasa begitu cepat karena pertarungan Po dan Kai begitu cepat selesai.
  2. Latar suasana sebagian besar film terlalu ceria sehingga pada saat tertentu (terutama saat keadaan sedih) film ini kurang menyentuh.
  3. Kurang terlibatnya sosok musuh (Kai) dalam tema ceritanya, padahal Kai merupakan musuh tersakti yang dihadapi oleh Po.
Saran :

            Sebaiknya pada saat akhir cerita dibuat lebih kompleks pertarungannya agar penonton juga merasakan ketegangan pada saat pertarungan. Mungkin juga seharusnya durasi film dapat ditambah agar alur ceritanya lebih menarik. Selain itu, karakter musuh juga harus lebih ditunjukkan agar tidak tertutup oleh karakter lainnya. Namun jangan sampai lebih menonjol dari karakter utama. Meskipun begitu, film ini tetap menarik dan harus  ditonton karena selain dapat menghibur, banyak pula nilai yang dapat digali dari film ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar